Perubahan data pada Kartu Keluarga(KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)

Pengen sekali saya mengucapkan “apa kabar semua?” Namun keliatannya hal ini bukan saat yang tepat, dimana blog saya belum ada yang membacanya sama sekali (T_T).   Saya bagaikan menulis pada tembok atau tiang listrik, dan berharap suatu hari ada yang menghubungiku. Hahaha kayak iklan nguras WC yang banyak dipinggir jalan. XD

Ok, sekarang saya akan sharing pengalaman lagi, setelah KTP, sekarang PERUBAHAN DATA PADA KSK ATAU KK

Yang perlu di persiapkan:
- Surat pengantar RT dan RW (Kepala RT dulu, lalu Kepala RW)
- KTP anda
- Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)
- Surat pengantar dari tempat ibadah, apabila anda pindah agama
Kalau anda pindah ke Islam, mintalah surat dari tempat ibadah anda, misalnya pesantren atau masjid (mohon koreksi kalau salah, maaf saya bukan muslim. Ups Ketahuan wkwkwk)

Kalau anda pindah ke Kristen, bawalah surat baptis anda dari gereja tempat anda dibaptis.

Kalau anda Buddha maupun Hindu, mintalah surat dari tempat ibadah anda.

Kalau belum beragama? Maaf saya kurang mengerti… Apakah diakui oleh negara kita.

Kalau beragama lain? Mintalah surat keterangan dari tempat ibadah anda dan pastikan agama anda bukan aliran sesat dan diakui oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Ijasah kelulusan, apabila gelar anda bertambah banyak seperti Prof., Dr., Dra., dan lain-lain. Terkecuali gelar yang satu ini “Alm.”, karena suratnya sedikit berbeda.

- Bawalah Akte lahir anda, apabila ada kesalahan penulisan pada KK atau KSK.

- Bagi keturunan Tionghoa yang bermasalah pada ganti nama, apabila pernah melakukan balik nama. Bawalah surat balik nama yang sudah ada. Dan diakui oleh Pengadilan Negeri (PN) maupun Mahkamah Agung (MA). Saya memiliki beberapa catatan khusus untuk masalah ganti nama khususnya masyarakat Thionghua, dimana banyak masalah yang dihadapi oleh masyarakat minoritas ini dalam mendapatkan KTP maupun KK. Apabila anda mempunyai masalah dalam pengurusan ini, anda bisa sharing kepada saya, semoga saya dapat membantu anda dalam mencari solusi masalah anda.

- Surat Nikah atau Cerai apabila menganti status perkawinan.

-Surat Kelakuan Baik apabila dibutuhkan. Surat ini anda bisa mendapatkannya dikantor polisi wilayah tempat anda tinggal dan tidak dikenakan biaya. Hal yang umum dan sering terjadi, bahkan menjadi rahasia umum. Ada istilah ‘uang rokok’. Mungkin anda perlu membawa sedikit uang. (Saya berharap suatu hari negara kita benar-benar bebas pungli)

Prosedur, hampir sama seperti pengurusan KTP, berikut langkah-langkahnya:
1. Siapkan surat-surat yang dibutuhkan

2. Melapor ke Kepala RT dan Kepala RW, tempat anda tinggal untuk meminta surat pengantar sesuai dengan keperluan anda. JANGAN LUPA membawa KK atau KSK juga surat-surat lainnya agar mempermudah proses. Sehingga anda tidak perlu pergi-pulang, dari rumah ke rumah pak RT atau RW.

3. Setelah mendapatkan surat dari Kepala RT dan Kepala RW setempat, saatnya menuju ke Kantor KELURAHAN. JANGAN LUPA berpakaian sopan dan rapi, pakaian berkerah, celana panjang atau rok yang sopan (bukan hot pants, tank top dan sebagainya, :p), bersepatu. Dan paling PENTING, Surat pengantar RT dan RW, KSK atau KK, KTP, dan surat-surat yang diperlukan.

Kalau anda mau ganti agama, ya pengantar dari tempat ibadah
Kalau gelar? Ya, surat kelulusan dari sekolah
Kalau status nikah? Ya, surat nikah begitu pula yang hendak mengurus status cerai, bawalah surat perceraian.
Kalau nama, tanggal lahir, dan lain-lain? Bawalah Akte Lahir, Surat ganti nama dan surat2 lainnya yang memperjelas keadaan.

4. Di Kelurahan ADA BIAYA administrasi (Saya tidak tahu persis, yang saya alami yah ‘tahu sama tahu lah’. Biaya yang saya keluarkan Rp.7000), semoga ada yang dapat memperjelas biaya ini.

TIPS PENTING:
Apabila anda tidak tahu mau mengurus dimana, jangan malu bertanya pada Pengurus Kelurahan. Tanyalah nama petugasnya (biasanya ada papan nama pada bajunya, terletak dada sebelah kanan sehingga anda hanya perlu berkenalan dengannya), untuk membantu anda apabila mengalami masalah. Nama petugas ini sangat penting, apabila anda mengalami masalah, anda tidak perlu menjelaskan dengan susah seperti ini:

“Kata Bapak berkumis, yang orangnya gendut dikit, pendek. Saya harus bayar 50.000!”

Hal tersebut membuat kesulitan bagi petugas maupun anda sendiri. Dimana anda dan petugas akhirnya menghabiskan waktu untuk mendeskripsikan siapa petugas yang melayani anda sebelumnya. Apabila anda mengetahui nama petugasnya maka anda cukup melakukannya seperti ini:

“Loh Kata Bapak ‘HersonKun’, saya harus bayar 50.000! Apakah dia benar-benar petugas disini?”

Nah kalau seperti kalimat kedua lebih mudah kan? Anda tidak perlu berdebat panjang lebar untuk mendeksripsikan orang yang melayani anda, bisa jadi anda bukan dilayani oleh petugas pemerintahan namun Calo yang lagi mencari mangsa di kantor pemerintahan.
5. Setelah mendapatkan surat dari Kelurahan, saatnya pergi ke KECAMATAN. JANGAN LUPA pakaian rapi (lihat point 3 untuk detailnya). SELAIN ITU Surat Kelurahan, dan surat-surat yang hendak anda urus.

6. Di KECAMATAN,ADA BIAYA administrasi lagi. Nah, kalau ini saya mengeluarkan Rp15.000 dan diberitahu secara jelas oleh petugas Kecamatan. Walau saat itu saya sedikit kecewa karena teman saya yang mengurus sebelumnya, dikenakan biaya lebih murah beberapa ribu (saya lupa persisnya). Namun saat itu, saya juga sudah pergi-pulang, jadi its ok lah! Mahal ongkos transportnya! :p

Oya, kalau bingung mau urus dimana? Jangan malu lagi untuk bertanya pada orang-orang disekitar. Ingat point 4, jangan lupa nama pegawai yang melayani anda. Itu merupakan hal penting kalau anda dipersulit / mengalami kesulitan.

PENTING:
Ada beberapa surat yang harus difotokopi, seperti surat-surat asli anda, harus difotokopi dan diserahkan kopiannya pada kecamatan, bersamaan dengan KK atau KSK lama anda.

Apabila semua prosedur sudah dipenuhi maka dalam 1 bulan KK atau KSK anda sudah selesai di proses.

7.Tunggu KK Baru selesai

Kejadian yang sering terjadi (Curhat pegawai Kecamatan):
Inilah curhat pegawai kecamatan masalah pergantian agama, “Beberapa warga terkadang mengeluh karena ribetnya pergantian agama yang wajib membawa surat pengantar dari tempat ibadah.  Mereka mengeluh dan merasa kecamatan /pemerintah mempersulit masyarakat dalam melakukan pendataan”. Hal ini harus dilakukan karena merupakan bukti tertulis, dimana kita memang penganut agama tersebut. Bukan berdasarkan ngomongan saja, dimana omongan tidak dapat dijadikan bukti. Kalau dapat diganti berdasarkan omongan, hari ini si ‘warga’ mengaku Islam, berikutnya ngaku Kristen, berikutnya ngaku Budha, berikutnya bosan semua, balik Islam lagi. Eits anda beragama apa sebenarnya? Oleh karena itu bukti pengantar dari tempat ibadah menjadi salah satu bukti dari agama yang anda anut.

Ternyata tidak ribet banget kan? Anda hanya perlu meluangkan waktu seharian untuk mengurus semua ini. Yah, kalau bisa menemui Kepala RT, lalu Kepala RW dan kalau masih sempat ke Kantor Kelurahan, lalu ke Kantor Kecamatan. Berikut jam kerja dari Kantor Kelurahan dan Kecamatan:
Jam kerja Kelurahan dan Kecamatan
Jam buka jam 8.00am (kalau gak salah, saya lupa)
Jam tutup jam 4.00pm, namun sebaiknya sebelum jam 3.00pm karena terkadang petugasnya pulang lebih awal… (pencurian waktu kerja)

Semoga pengalaman pribadi saya dapat membantu anda, mohon koreksi kalau ada kesalahan…
Semoga bermanfaat.

21 Comments

Filed under Berkas

21 responses to “Perubahan data pada Kartu Keluarga(KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)

  1. sy msh blm bwt E-KTP, rncanany sy pgn gnti nama( soale nama sy ni ud wanted, he he)
    apa bisa ya mas?
    Trims

    • Bisa saja! Asal anda, melalui memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam perundangan yang mengatur masalah ganti nama.
      Untuk lebih jelasnya saya tidak bisa membantu banyak, namun anda bisa mencoba bertanya persyaratanmya di kecamatan atau kelurahan tempat anda tinggal.
      Atau anda bisa mencari info diperpustakaan, google, atau di forum-forum yang membahas masalah pergantian data kependudukan..
      Jika anda memang niat dan tekun mencarinya.. Saya yakin, anda pasti bisa..

  2. kiki

    Thank you for your information.. :)

  3. nila

    trimakasih…. jadi tau memulai dari mana untuk ganti KTP dan KK.
    nila

  4. @kiki & Nila
    Terima kasih juga telah meluangkan waktu untuk membaca. ^^

  5. rio

    ni saya mau pindah Agama semua perlengkapan sudah saya lengkapi tetapi sama kecamatan kok disuruh sidang ke kalok gak salah Pengadilan Kependudukan Kabupaten, bener gk ni ?

    • Memang pergantian agama tidak semudah yang kita inginkan, walau kita memang menganut agama tersebut namun untuk pengurusan pendataan memerlukan bukti-bukti berupa surat pernyataan atau pengantar dari beberapa pihak seperti rumah ibadah, kantor pengadilan.

      Jadi gak asal ngaku, saya hari ini Kristen, bln depan Islam, bulan depannya lagi Buddha, bulan-bulan berikutnya lagi mungkin Hindu :D

      Dijalani saja, sekarang ngurus surat-surat pemerintah gak terlalu rumit kok, gak perlu pakai calo.

      Berbelit? Memang benar, walau kerja mereka masih pelan tapi pasti.

      Gak pasti?, cobalah mengadu di media sosial yang membantu masyarakat yang mengalami masalah dengan pengurusan yang berhubungan dengan pemerintahan.

      Saya biasanya, mengunakan Suara Surabaya radio di fm100 (Jawa Timur), e100 (Facebook). Disana banyak saudara-saudara kita, yang lebih berpengalaman dan ringan tangan untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah.

      Semoga bisa membantu…

  6. Terima kasih untuk informasinya . . . ^^”

  7. sari

    Kalo saya mau ganti nama anak sy,akta sudah slesai tp KK nya blm,itu gmn ya?apakah harus ke pak rt/rw dl,apa langsung ke kelurahan,d tggu komentnya tks….

    • Permasalahan yang anda alami dimana?
      Apakah kesalahan nama pada akta lahir atau pada KK?

      Kalau kesalahan terjadi pada akta kelahiran, anda harus mengurusnya di kantor catatan sipil, dimana kasus ini termasuk menganti nama seseorang. Silahkan tanyakan prosedurnya di kantor catatan sipil.

      Apabila kesalahan terjadi pada KK, anda hanya perlu mengunjungi RT untuk meminta surat perubahan dalam KK, kemudian RW, Kelurahan, dan Kecamatan, seperti yang saya jelaskan diatas.

      Tips tambahan dari saya:
      Catat baik-baik semua keperluannya dan tanyakan ulang kembali, mungkin ada yang dilupakan petugas.

      Jangan malas untuk membawa segala macam berkas yang berhubungan dengan pengurusan tersebut.
      Walaupun petugas memberitahu, “Berkas asli tersebut tidak diperlukan, cukup kopinya saja”, sebaiknya, anda TETAP BAWA saja daripada anda harus bolak balik gara-gara bekas tak lengkap.

      Semoga informasi saya dapat membantu anda…

  8. saya mau ganti agama di KK sebelum buat KTP
    bulan desember nanti saya 17 tahun.
    nama asli ya memang natalia kriatianti tapi dulu saya islam. saya mau pindah agama di KK menjadi kristen.
    apa saja yang harus dibutuhkan untuk mengurusnya?

    • natalia kristianti// typo –;

    • Biasanya anak yang belum memiliki KTP, ketika membuat KTP agama akan langsung mengikuti agama orang tuanya.
      Namun apabila disertakan surat-surat dalam pembuatan KTP tersebut, maka data bisa diubah sesuai surat-surat yang berlaku.
      Sebaiknya Anda mempersiapkan surat-surat, yang dapat membuktikan anda sebagai pemeluk agama Kristen yang sah, yaitu “Surat Babtis” dari Gereja.
      Dengan menyertakan “Surat Babtis” tersebut, maka anda dapat secara sah mengubah data diri anda, baik di KK maupun di KTP yang hendak anda buat nantinya.
      Pengurusan “Surat Babtis” bisa anda lakukan sekarang, dan mengubah data pada KK terlebih dahulu.
      Sehingga ketika desember nanti, pembuatan KTP akan langsung mengikuti data pada KK.
      Sebaiknya dalam proses pembuatan KTP nantinya anda membawa lengkap Dokumen2 anda.
      Sehingga Anda tidak perlu “Pergi Pulang” untuk mengambil dokumen yang ada dirumah.

  9. natalia kristianti// typo –;

  10. anissaw

    permisi.. kalau pindah agama, mana yg diurus terlebih dahulu?? KTP atau KK?? terimakasih banyak sebelumnya..

    • Kalau mau pindah agama, sebaiknya yang anda urus dahulu adalah berkas-berkas dari tempat anda beribadah.

      Dimana tempat anda beribadah dapat mengeluarkan surat bukti, bahwa anda sebagai umat dari agama yang dianut.

      Jika anda memiliki bukti dari pihak yang dapat menjamin agama anda, silahkan melakukan pengurusan pergantian agama, baik di KK maupun KTP.

      Bisa dilakukan bersama. Namun hasil KTP akan tetap menunggu KK karena data-data KTP berdasarkan data-data dari KK.

      Semoga membantu…

      Note:
      Bisakah saya tahu, Ini perpindahan dari agama apa ke apa?

      • anissaw

        Dear hersonkun,
        Terimakasih banyak atas replynya.
        Kebetulan calon suami saya akan pindah agama dr hindu ke islam.
        Terimakasih….

  11. rya

    selamat siang, saya mau urus KK, tapi saya dan suami beda agama. suami islam dan saya khatolik…sebelumnya saya agama islam dan kembali ke agama katolik. dan klu mau urus KK apa yng harus saya persiapkan. karena data saya dan anak saya harus ganti agama jadi katolik. kira2 rumit tidak dikelurahannya? tks

    • Selamat Siang juga… Kebetulan saya meresponnya siang, biasanya malam. Hehehe..
      Jika anda mau mengubah data KK, sebaiknya anda mengurus surat babtis anda dulu, dimana anda sudah sah sebagai pemeluk agama Katolik, lalu mengurus pengantian data di KK.
      Untuk masalah anak anda, setahu saya, anak akan mengikuti agama orang tua, apabila orang tua beragama berbeda seperti anda maka anak bisa beragama sesuai apa yang diajarkan orang tua mereka.

      Saya punya contoh kasus, kebetulan dari keluarga teman saya sendiri:
      Teman saya memiliki ayah beragama Islam, dan ibu beragama Kristen. Anak pertama beragama Kristen. Anak kedua beragama Katolik. Anak ketiga (teman saya) beragama Katolik.
      Disini, anak pertama memiliki surat babtis, sedangkan anak kedua dan ketiga tidak memiliki surat babtis.
      Ketika Pembuatan ktp pertama kali, anak yg belum memiliki agama, memiliki hak untuk menentukan dia mau menganut agama apa. Merupakan hak dari si anak. (Mohon dikoreksi apabila salah)

      Biasanya memang langsung mengikuti agama orang tua, namun kalau dalam pembuatan surat-surat dapat dilampirkan surat babtis, maka bukti cukup kuat untuk menentukan agama dari sang anak.

      Semoga informasi saya dapat membantu..

  12. esterline

    Keluarga saya dr KK sampai KTP brdeda smua.. Jd nama akte Nama Thionghoa.. Akan tetapi KTP dan KK nama nya nama indonesia.. Mslhny surat tanah saya brnama nama tionghoa.. Cara mrubah ke nama smula gmn ya?? Soakny dr klurahan diprsulit ..
    Gimana cara ngurusnya dan kira2 kena biaya berapa ya?? Dan urusnya dmn?? Tq
    Mohon djawab ya ..

    • Maaf telat membalas, akhir-akhir ini saya agak sibuk jadi baru sempat online kembali. :P

      Kasus ini cukup rumit, karena seharusnya pembuatan KK dan KTP berdasarkan akte lahir.
      Untuk nama thionghoa, apabila hendak melakukan balik nama, setau saya dapat dilakukan di kantor catatan sipil. (Mohon dikoreksi apabila salah)
      Sebaiknya membawa semua berkas yang dapat melengkapi seperti akte lahir orang tua, KK yang dapat membuktikan hubungan orang tua dan anak. Apabila bukti-bukti kurang cobalah bertanya lebih jelas di kantor catatan sipil. Karena disinilah tempat dimana pendataan kependudukan.

      Apabila pergantian nama disetujui, maka surat harus disahkan ke Pengadilan. Apabila semua surat ini selesai, maka anda sudah memppunyai bukti kuat untuk pengurusan di kelurahan maupun kecamatan.
      Maaf, untuk biayanya, saya tidak dapat membantu, karena saya juga belum memiliki info yang cukup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s