Mengurus KTP sendiri! Say NO, to Calo!

Ok, kali ini saya akan membahas  pengurusan KTP sendiri. Paduan ini saya buat, berdasarkan pengalaman saya sendiri, dimana KTP yang saya akan urus sudah mau wafat. Eh, maksud saya sudah mau expired atau tidak berlaku lagi. Caranya mudah:

1. Siapkan Kartu Susunan Keluarga (KSK) atau dikenal juga dengan Kartu Keluarga (KK)

2. Siapkan KTP lama, kalau hilang sebaiknya mengurus Surat Pengantar Kepolisian (seingat saya, surat ini tidak dikenakan biaya, mohon koreksi kalau salah)

3. Melapor ke Kepala RT lalu Kepala RW, tempat anda tinggal untuk meminta surat pengantar pengurusan KTP. JANGAN LUPA membawa KK atau KSK

4. Setelah mendapatkan surat dari Kepala RT dan Kepala RW setempat, saatnya menuju ke KELURAHAN. JANGAN LUPA berpakaian sopan dan rapi. Pakaian berkerah, celana panjang atau rok yang sopan ( bukan hot pants, top tank dan sebagainya. :p ), bersepatu, dan yang  paling PENTING berkas-berkas anda yaitu surat pengantar RT dan RW, KSK atau KK,  KTP lama, dan surat kepolisian (apabila KTP hilang).

5. Dikelurahan ADA BIAYA administrasi (seingat saya Rp.5000, mohon koreksi kalau seharusnya tidak ada biaya ataupun sudah naik maupun lebih murah). Apabila anda tidak tahu mau mengurus dimana, jangan malu bertanya pada pengurus kelurahan. Tanyakan nama petugas (biasanya ada papan nama pada bajunya, terletak dada sebelah kanan), untuk membantu anda apabila mengalami masalah nantinya. Nama petugas ini sangat penting, apabila anda mengalami masalah, anda tidak perlu menjelaskan dengan susah seperti ini:

“Kata Bapak berkumis, yang orangnya gendut dikit, pendek. Saya harus bayar 50.000!”

Hal tersebut membuat kesulitan bagi petugas maupun anda sendiri. Dimana anda dan petugas akhirnya menghabiskan waktu untuk mendeskripsikan siapa petugas yang melayani anda sebelumnya. Apabila anda mengetahui nama petugasnya maka anda cukup melakukannya seperti ini:

“Loh Kata Bapak ‘Budiyanto’, saya harus bayar 50.000! Apakah dia benar2 petugas disini?”

Nah kalau seperti kalimat kedua lebih mudah kan? Anda tidak perlu berdebat panjang lebar untuk mendeksripsikan orang yang melayani anda, bisa jadi anda bukan dilayani oleh petugas pemerintahan namun Calo yang lagi mencari mangsa di kantor pemerintahan.

6. Setelah mendapatkan surat dari kelurahan, saatnya pergi ke KECAMATAN. JANGAN LUPA pakaian rapi (liat point 4 untuk detailnya). SELAIN ITU bawalah Surat dari Kantor Kelurahan, KTP lama, KSK atau KK, dan surat kepolisian (kalau KTP hilang).

7. Di KECAMATAN, ada Biaya administrasi lagi (saya sudah lupa, namun tidak lebih dari Rp10.000. Mohon koreksi lagi kalau salah. Karena seharusnya pengurusan KTP diseluruh Indonesia telah digratiskan) Bingung mau kemana? Jangan malu lagi untuk bertanya pada orang-orang disekitar. Ingat point 5, jangan lupa nama pegawai yang melayani anda.

8. Setelah pengurusan selesai, sesi pemotretan diri anda untuk pembuatan foto KTP anda. Pastikan anda sudah rapi, tampan, maupun cantik. Kacamata tidak ikut dalam sesi pemotretan.

9. Scan Sidik Jari, PASTIKAN jari anda tidak basah untuk memperlancar proses pendataan. Selain itu juga membantu petugas dalam perawatan mesin scan. Apabila basah waktu anda terbuang untuk menunggu petugas memperbaiki alat. Untuk sekarang ini dengan mengunakan sistem E-KTP maka ada pemotretan retina anda, jangan khawatir anda hanya perlu membuka mata anda selebar-lebarnya dan mengintip ke alat yang disediakan.

10. Pastikan data-data anda sudah benar dan tidak ada kesalahan. Apabila terjadi kesalahan beritahu petugas sebelum KTP anda dicetak atau diproses.

11. Sebelum KTP anda dicetak, petugas akan meminta anda untuk melakukan tanda tangan. PASTIKAN hasil tanda tangan anda sudah benar, dan tidak salah. PERLU DIKETAHUI, Tanda tangan di KTP anda sangat penting. Transaksi Banking akan memeriksa tanda tangan anda sama dengan data yang dimiliki bank. Selain itu juga di pakai untuk penyesuaian dalam surat-surat berharga lainnya. Jangan sungkan untuk meminta melakukan tanda tangan ulang apabila tidak sesuai, anda akan lebih bermasalah jika tanda tangan anda berbeda.

12. Setelah selesai, anda tinggal menunggu KTP anda selesai dicetak. Paling cepat hari itu juga dan paling lambat keesokkan harinya. Terkecuali anda melakukan pembuatan KTP pada hari jumat karena anda harus menunggu hari senin untuk memperoleh KTP anda. Kondisi lain, KTP akan selesai beberapa hari apabila persediaan bahan KTP habis. (biasanya seminggu)

Mudahkan? Semua dapat anda melakukan sendiri tanpa bingung harus kemana dan membawa apa saja..

Bahan yang dibutuhkan Untuk membuat KTP:

– Surat RT dan RW, dapat dari kepala RT dan kepala RW. (Surat ini selembar biasanya dari kepala RT, dan hanya perlu di tanda tangan oleh kepala RW)

– Surat kepolisian (apabila KTP hilang), dapat dari kantor kepolisian.

– KK atau KSK ,KTP lama, Uang tunai.

Semoga Bermanfaat…

Leave a comment

Filed under Berkas, E-KTP, KTP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s