Perubahan data pada Kartu Keluarga(KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)

Pengen sekali saya mengucapkan “apa kabar semua?” Namun keliatannya hal ini bukan saat yang tepat, dimana blog saya belum ada yang membacanya sama sekali (T_T).   Saya bagaikan menulis pada tembok atau tiang listrik, dan berharap suatu hari ada yang menghubungiku. Hahaha kayak iklan nguras WC yang banyak dipinggir jalan.😄

Ok, sekarang saya akan sharing pengalaman lagi, setelah KTP, sekarang PERUBAHAN DATA PADA KSK ATAU KK

Yang perlu di persiapkan:
– Surat pengantar RT dan RW (Kepala RT dulu, lalu Kepala RW)
– KTP anda
– Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)
– Surat pengantar dari tempat ibadah, apabila anda pindah agama

Kalau anda pindah ke Islam, mintalah surat dari tempat ibadah anda, misalnya pesantren atau masjid (mohon koreksi kalau salah, maaf saya bukan muslim. Ups Ketahuan wkwkwk)

Kalau anda pindah ke Kristen, bawalah surat baptis anda dari gereja tempat anda dibaptis.

Kalau anda Buddha maupun Hindu, mintalah surat dari tempat ibadah anda.

Kalau belum beragama? Maaf saya kurang mengerti… Apakah diakui oleh negara kita.

Kalau beragama lain? Mintalah surat keterangan dari tempat ibadah anda dan pastikan agama anda bukan aliran sesat dan diakui oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

– Ijasah kelulusan, apabila gelar anda bertambah banyak seperti Prof., Dr., Dra., dan lain-lain. Terkecuali gelar yang satu ini “Alm.”, karena suratnya sedikit berbeda.

– Bawalah Akte lahir anda, apabila ada kesalahan penulisan pada KK atau KSK.

– Bagi keturunan Tionghoa yang bermasalah pada ganti nama, apabila pernah melakukan balik nama. Bawalah surat balik nama yang sudah ada. Dan diakui oleh Pengadilan Negeri (PN) maupun Mahkamah Agung (MA). Saya memiliki beberapa catatan khusus untuk masalah ganti nama khususnya masyarakat Thionghua, dimana banyak masalah yang dihadapi oleh masyarakat minoritas ini dalam mendapatkan KTP maupun KK. Apabila anda mempunyai masalah dalam pengurusan ini, anda bisa sharing kepada saya, semoga saya dapat membantu anda dalam mencari solusi masalah anda.

– Surat Nikah atau Cerai apabila menganti status perkawinan.

-Surat Kelakuan Baik apabila dibutuhkan. Surat ini anda bisa mendapatkannya dikantor polisi wilayah tempat anda tinggal dan tidak dikenakan biaya. Hal yang umum dan sering terjadi, bahkan menjadi rahasia umum. Ada istilah ‘uang rokok’. Mungkin anda perlu membawa sedikit uang. (Saya berharap suatu hari negara kita benar-benar bebas pungli)

Prosedur, hampir sama seperti pengurusan KTP, berikut langkah-langkahnya:
1. Siapkan surat-surat yang dibutuhkan

2. Melapor ke Kepala RT dan Kepala RW, tempat anda tinggal untuk meminta surat pengantar sesuai dengan keperluan anda. JANGAN LUPA membawa KK atau KSK juga surat-surat lainnya agar mempermudah proses. Sehingga anda tidak perlu pergi-pulang, dari rumah ke rumah pak RT atau RW.

3. Setelah mendapatkan surat dari Kepala RT dan Kepala RW setempat, saatnya menuju ke Kantor KELURAHAN. JANGAN LUPA berpakaian sopan dan rapi, pakaian berkerah, celana panjang atau rok yang sopan (bukan hot pants, tank top dan sebagainya, :p), bersepatu. Dan paling PENTING, Surat pengantar RT dan RW, KSK atau KK, KTP, dan surat-surat yang diperlukan.

Kalau anda mau ganti agama, ya pengantar dari tempat ibadah
Kalau gelar? Ya, surat kelulusan dari sekolah
Kalau status nikah? Ya, surat nikah begitu pula yang hendak mengurus status cerai, bawalah surat perceraian.
Kalau nama, tanggal lahir, dan lain-lain? Bawalah Akte Lahir, Surat ganti nama dan surat2 lainnya yang memperjelas keadaan.

4. Di Kelurahan ADA BIAYA administrasi (Saya tidak tahu persis, yang saya alami yah ‘tahu sama tahu lah’. Biaya yang saya keluarkan Rp.7000), semoga ada yang dapat memperjelas biaya ini.

TIPS PENTING:
Apabila anda tidak tahu mau mengurus dimana, jangan malu bertanya pada Pengurus Kelurahan. Tanyalah nama petugasnya (biasanya ada papan nama pada bajunya, terletak dada sebelah kanan sehingga anda hanya perlu berkenalan dengannya), untuk membantu anda apabila mengalami masalah. Nama petugas ini sangat penting, apabila anda mengalami masalah, anda tidak perlu menjelaskan dengan susah seperti ini:

“Kata Bapak berkumis, yang orangnya gendut dikit, pendek. Saya harus bayar 50.000!”

Hal tersebut membuat kesulitan bagi petugas maupun anda sendiri. Dimana anda dan petugas akhirnya menghabiskan waktu untuk mendeskripsikan siapa petugas yang melayani anda sebelumnya. Apabila anda mengetahui nama petugasnya maka anda cukup melakukannya seperti ini:

“Loh Kata Bapak ‘HersonKun’, saya harus bayar 50.000! Apakah dia benar-benar petugas disini?”

Nah kalau seperti kalimat kedua lebih mudah kan? Anda tidak perlu berdebat panjang lebar untuk mendeksripsikan orang yang melayani anda, bisa jadi anda bukan dilayani oleh petugas pemerintahan namun Calo yang lagi mencari mangsa di kantor pemerintahan.
5. Setelah mendapatkan surat dari Kelurahan, saatnya pergi ke KECAMATAN. JANGAN LUPA pakaian rapi (lihat point 3 untuk detailnya). SELAIN ITU Surat Kelurahan, dan surat-surat yang hendak anda urus.

6. Di KECAMATAN,ADA BIAYA administrasi lagi. Nah, kalau ini saya mengeluarkan Rp15.000 dan diberitahu secara jelas oleh petugas Kecamatan. Walau saat itu saya sedikit kecewa karena teman saya yang mengurus sebelumnya, dikenakan biaya lebih murah beberapa ribu (saya lupa persisnya). Namun saat itu, saya juga sudah pergi-pulang, jadi its ok lah! Mahal ongkos transportnya! :p

Oya, kalau bingung mau urus dimana? Jangan malu lagi untuk bertanya pada orang-orang disekitar. Ingat point 4, jangan lupa nama pegawai yang melayani anda. Itu merupakan hal penting kalau anda dipersulit / mengalami kesulitan.

PENTING:
Ada beberapa surat yang harus difotokopi, seperti surat-surat asli anda, harus difotokopi dan diserahkan kopiannya pada kecamatan, bersamaan dengan KK atau KSK lama anda.

Apabila semua prosedur sudah dipenuhi maka dalam 1 bulan KK atau KSK anda sudah selesai di proses.

7.Tunggu KK Baru selesai

Kejadian yang sering terjadi (Curhat pegawai Kecamatan):
Inilah curhat pegawai kecamatan masalah pergantian agama, “Beberapa warga terkadang mengeluh karena ribetnya pergantian agama yang wajib membawa surat pengantar dari tempat ibadah.  Mereka mengeluh dan merasa kecamatan /pemerintah mempersulit masyarakat dalam melakukan pendataan”. Hal ini harus dilakukan karena merupakan bukti tertulis, dimana kita memang penganut agama tersebut. Bukan berdasarkan ngomongan saja, dimana omongan tidak dapat dijadikan bukti. Kalau dapat diganti berdasarkan omongan, hari ini si ‘warga’ mengaku Islam, berikutnya ngaku Kristen, berikutnya ngaku Budha, berikutnya bosan semua, balik Islam lagi. Eits anda beragama apa sebenarnya? Oleh karena itu bukti pengantar dari tempat ibadah menjadi salah satu bukti dari agama yang anda anut.

Ternyata tidak ribet banget kan? Anda hanya perlu meluangkan waktu seharian untuk mengurus semua ini. Yah, kalau bisa menemui Kepala RT, lalu Kepala RW dan kalau masih sempat ke Kantor Kelurahan, lalu ke Kantor Kecamatan. Berikut jam kerja dari Kantor Kelurahan dan Kecamatan:
Jam kerja Kelurahan dan Kecamatan
Jam buka jam 8.00am (kalau gak salah, saya lupa)
Jam tutup jam 4.00pm, namun sebaiknya sebelum jam 3.00pm karena terkadang petugasnya pulang lebih awal… (pencurian waktu kerja)

Semoga pengalaman pribadi saya dapat membantu anda, mohon koreksi kalau ada kesalahan…
Semoga bermanfaat.

173 Comments

Filed under Berkas

173 responses to “Perubahan data pada Kartu Keluarga(KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)

  1. sutiadi

    hai, mau tanya,, Tahun 2013 kami ikut pemutihan pembuatan KK+KTP dari pihak kelurahan Saga(saat itu kami beralamat di kelurahan balaraja, masih satu kecamatan).. KK+KTP sudah jadi dan beres dah…. masalah timbul ketika kami melakukan penambahan anggota keluarga(putra ke-3),, saat urus akte gak ada masalah, namun saat KK yang baru telah jadi… HAH,
    yang muncul cuma nama anak ke-1 dan ke-3… saya,istri n anak ke-2 malah
    hilang saat melakukan print out di casip padahal nomer KK yang terlampir sama dengan nomer KK yang lama(saya masih simpan copy-an KK lama)..
    mungkin agan bisa ngasih pencerahan.. thx before

    • Maaf atas jawaban yang telat.. Terima kasih “Paman google”, saya akhirnya mengetahui dimana itu kelurahan saga :p

      Untuk masalah yang anda alami, anda tidak perlu takut ataupun ragu.
      Selama surat-surat anda lengkap, semua bisa di urus dengan mudah.

      Anda cukup menyiapkan fotokopi arsip buat pengurusan ulang, dimana anda lebih baik mempersiapkan fotokopi dari:
      -Surat Nikah, untuk menunjukkan bahwa anda dan istri anda adalah suami istri yang sah.
      -Akte Lahir istri anda.
      -KK anda yang baru
      -Akte lahir dari anak ke 2 dan ke 3

      Selain itu anda juga perlu meminta surat pengantar RT dan RW. Jelaskan pada kepala RT anda permasalahan anda agar disiapkan surat pengantarnya.

      Surat data kosong yang bisa anda dapatkan di kantor kelurahan. Tanyakan formulir apa saja yang anda harus isi untuk mengurus permasalahan anda.

      Sisanya, anda hanya perlu menyerahkan ke kecamatan untuk menunggu KK baru.

      Semoga dapat membantu..

  2. Mimi

    Terima kasih Pak, infonya sangat membantu. Saya saat ini sedang dalam pengurusan membenarkan nama, karena nama di Akte Lahir beda dengan KK dan KTP. Saya menjadi terbantu setelah membaca artikel ini🙂

  3. frenska

    Sya blm mnikah tpi ktp saya sdh mnikah Bagaimana ya mengurusnya??

    • Maaf atas jawaban saya yang sangat telat…
      Gak keliatan ada postingan baru..

      Untuk mengurus status anda, anda harus ke melapor kepada RT lalu RW. Serta membawa KK anda sebagai bukti, anda memang belum menikah.
      Lalu membawa surat perubahan itu ke kelurahan dan kemudian ke kecamatan untuk mendapatkan KTP yang baru.

      Semoga dapat membantu..

  4. betty

    Mohon bantuannya. Pada KK awal yang pake tulisan tangan biasa, agama kami sekeluarga tertulis kristen. Sekedar tambahan info, kami adalah WNI dr suku tionghoa. Saat rame2 pengurusan e-ktp, KK kami diminta untuk diperbarui menjadi KK yang rapi diketik. Tp saat KK baru selesai, ternyata ejaan nama, tgl lahir & agama kami, semua salah. Mama saya minta spy KK itu diperbaiki. Setelah direvisi, memang ejaan nama & tgl lahir kami diperbaiki, tapi agama kami tetap ditulis islam. Saat mama minta revisi lg, aparat desa bilang kl revisi lagi akan ruwet dan butuh waktu yang sangat lama. Beliau bilang soal agama salah itu bkn suatu masalah, asal ejaan nama sudah benar. Tapi saat sekarang saya mo ngurus surat2 yang lain, ternyata perbedaan agama di KTP dan KK itu jd masalah. Saat saya minta petugas desa untuk membetulkan agama di KK menjadi kristen sesuai KK asal yang tulisan tangan, petugas desa malah minta surat pengantar dari pengadilan. Apa yang harus saya lakukan? Seiring perjlnan waktu, memang papa saya pindah agama jadi islam. Tp saya & mama tetap kristen. Petugas di desa saya ngotot mengatakan bahwa dalam 1 KK hrs 1 agama, mengikuti agama kepala keluarga. Apakah benar demikian? apa yang hrs saya lakukan supaya saya & mama bisa mengubah kembali agama kami menjadi sesuai KTP, yaitu kristen? Terima kasih sebelumnya untuk bantuan Bapak🙂

    • Saya belum jadi bapak kok :p
      Saya masih belum menikah..😄

      Ok, kasus yang saya tangkap dari penjelasan anda, kalau nama dan tempat tanggal lahir sudah diperbaiki dan tidak ada masalah.
      Hal ini cukup baik, karena pengurusan kesalahan nama dan tanggal lahir, sekarang agak rumit karena sudah tidak melalui perangkat desa lagi namun melalui dinas kependudukan dan catatan sipil alias “Dispendukcapil”

      Kalau masalah agama, anda perlu melapor ke RT untuk mendapatkan surat perubahan data. Jangan lupa, KK lama dibawa terus selama pengurusan.
      Surat ini dilanjutkan kepada kepala RW untuk ditanda tangani dan stempel.
      Kemudian surat tersebut, anda bawa ke kelurahan beserta bukti surat babtis anda dan 2 orang saksi, biasanya tokoh agama (pendeta/pastor) tempat anda beribadah. Tanpa saksi sih bisa, namun aturannya harus pakai saksi.
      Setelah ditanda tangani oleh ketua kelurahan, maka surat ini anda bawa ke kecamatan.
      Kecamatan lah yang mengatur perubahan data agama dan pembaharuan KTP lama menjadi KTP baru serta KK lama menjadi KK baru.

      Untuk penjelasan kalau “agama salah bukan suatu masalah, yg penting ejaan nama dan tanggal lahir sudah benar”. Memang ada benarnya. Namun akan bermasalah dipengurusan surat-surat yang lain kalau tidak segera diperbaiki. Karena semua itu saling terkait.

      Lalu untuk pernyataan kalau Agama harus ngikut kepala keluarga itu salah, Karena Semua orang berhak menentukan agama yang dia anut. Teman saya 1 keluarga beda agama semua. Papa islam, mama budha, anak kristen dan katolik. sayang ga ada yang hindu, hahaha… Tetangga saya, Papanya katolik, anaknya islam.

      Jadi pernyataan tersebut salah, karena negara kita mengizinkan setiap warganya menentukan agama yang mereka anut dan dikaui oleh negara NKRI.

      Tips buat anda selama pengurusan:
      – Bawalah buku catatan kecil.
      – Catat lah semua pertanyaan anda yang anda tidak mengerti dan sisakan ruang untuk jawaban
      – ketika anda bertanya kepada petugas yang bertugas. Catatlah penjelasan mereka dan konfirmasi ulang jawaban mereka apa sudah sesuai atau tidak.
      – Tanyakan nama petugas yang memberi anda jawaban, dan jabatan yang dia. catat juga siapa yang memberi anda jawaban seperti itu dan jabatannya. Jika ditanya “untuk apa?” Jawab saja “untuk pertanggung jawaban, karena anda akan mengurus ke kantor dinas kependudukan”

      Jadilah warga negara yang berani, tidak acuh akan peraturan, mengerti aturan yang berlaku. Petugas yang seenaknya sendiri akan ragu berhadapan dengan anda yang betul-betul berpegang pada bukti dan mengerti akan aturan. Sekarang dunia era modern anda bisa merekam pembicaraan anda melalui handphone, untuk bukti yang lebih kuat lagi.

      Semoga membantu…

  5. Pingback: Persyaratan Mengurus KTP Pindah Agama | ruriirury

  6. @ndycyndy

    Siang .. saya mau Tanya .
    Suami saya mau buat ktp susah banget ya . Ribet
    Jd singkat ceritanya begini ..
    Suami saya nikah dgn saya bulan feb 2015 . sebelumnya dia sudah menikah punnya anak 2 bertempat tinggal dikarawang .
    Setelah bercerai .. Suami saya tinggal di bandung. . Buat ktp serta KK di bandung . Sementara ktp belum jadi waktu di bandung, sedangkan pernikahan harus berlangsung, nikah pakai ktp sementara (ktp bandung).
    Saya dan suami tinggal di daerah jl. Cagak klapanunggal bogor … Di tempat ibu saya . Jadi kami buat ktp serta kk alamat jl.cagak klapanunggal bogor .
    Setelah 3 bulan jadi lah kk dan ktp kami .
    Skrg saya dan suami tinggal di perumahan tapi daerah klapanunggal juga .. Tak jauh dari rumah ibu saya sebelumnya . Jadi suami dan saya buat ktp dan kk baru lagi dengan alamat rumah saya yang baru ..
    Hanya dgn waktu 2 minggu , e-ktp saya sudah jadi . Karna sewaktu belum menikah , saya memang sudah pernah punya e-ktp tp alamat rumah ibu saya .
    Tapi …… Kenapa suami saya gak bisa buat e-ktp ya? Maupun ktp. Kata salah seorang petugas kelurahan (memang dr awal buat kami mempercayakan pd dia buat bikin ktp & kk) ” gabisa dibuat , soalnya masih ada kk suami di karawang ,, juga e-ktp dikarawang” . Loh ko bisa? Sedangkan suami saya kan sudah buat ktp di bogor . Sebelum nya pun di bandung Sudah walaupun cuma Sementara . Gmn yah saya bingung harus kemana & bagaimana . Tolong dibantu yah pak … Siapatau bapak tau jawabannya apa yg harus sy lakukan … Trimakasih .

    • Wah kasus anda cukup rumit. Saya bukan petugas dalam pemerintahan, hanya warga sipil biasa.

      Kalau sebelumnya suami anda terdaftar e-ktp di karawang. Suami anda tidak bisa membuat e-ktp di bogor lagi.

      Ketika suami dan anda, mengurus KK dan KTP di bogor, mungkin dengan cara yang lama. Bagaimana pun pencatatan ktp lama, masih bisa terjadi data kembar, karena secara manual.

      Namun setelah mengunakan sistem komputerisasi, maka data kembar tidak bisa diterima oleh komputer. Oleh karena itu suami anda tidak bisa membuat e-ktp lagi karena sudah adanya data yang lama.

      Jadi solusinya, Suami anda harus mengurus kembali semua surat-surat di karawang. Mulai KK, surat cerai / Duda (meninggal), maupun surat keterangan pindah ke bogor dan surat-surat kelengkapan lainnya untuk membuat KK baru di bogor.

      Anda bisa menayakan kelengkapannya dikelurahan, karawang. Tempat suami anda sebelumnya tinggal.

      Semoga dapat membantu…

  7. Gimna cara merubah data status agama d kartu keluarga dan ktp meeubah status kawin menjadi lajang

    • Budayakan membaca… Saya sudah pernah membahasnya dalam kasus diatas…

      Untuk masalah status pernikahan, anda tidak dapat mengubah status “menikah” kembali ke status “belum menikah”. Bagaimana pun anda sudah mempunyai catatan pernikahan. Sehingga anda hanya bisa mendapatkan status “Duda: atau “Janda”.

      Untuk pengurusannya, mirip pengurusan yang lainnya. Anda harus melapor ke RT,RW, Kantor Kelurahan dan Kantor Kecamatan. Serta membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
      Seperti:
      – KK
      – KTP
      – Surat pengantar dari RT
      – Surat keterangan baptis / pindah agama / penyataan dari tempat ibadah bahwa anda adalah umat di suatu tempat ibadah.
      – Surat Perceraian
      – Surat Pernikahan

      dan surat-surat lain yang dibutuhkan. anda bisa bertanya kelengkapan berkas yang diperlukan pada kelurahan tempat anda tinggal.

      Semoga membantu..

      • Mas saya mau nanya juga.. setelah mas komen di atas, yg jadi pertanyaan saya berkas2 pindah agama sudah lengkap, tapi di wakilkan sama org lain bole ga mas? Jadi saya taunya sdh jadi aja bgm bisa ga mas, tampa saya hadir. Terima kasih

      • Ada baiknya anda mengurus sendiri semua..
        Kalaupun anda meminta bantuan orang lain, hanya membuat masalah lama terselesaikan. Karena terkadang ada banyak miskomunikasi yang terjadi.
        Begitu pula jika anda mengunakan jasa “calo”, keliatannya simple.
        Tapi anda akan keluar biaya lebih besar dan waktu yang lebih lama.

        Jadi kalau bisa urus sendiri memang lebih baik dan lebih mudah.

        Semoga membantu..

  8. Tika

    Aku mw tanya, Aqu Kan mw gnti nama di kk ortuku tp Aqu gak punya Ijazah, Krn ortuku dulu gak mampu biayai Aqu sekolah, bnyk jg konflik Dlm kluarga, kira2 bisa gak ya makasih

    • Halo tika..
      Menghadapi hal seperti itu memang sangat berat..
      Namun untuk mengubah nama tidak semudah itu.. Membutuhkan banyak persyaratan untuk mengubah sebuah nama…

      Anda harus menyiapkan banyak berkas seperti:
      – Akte Lahir asli
      – Kartu Keluarga asli
      – Surat pergantian nama dari kantor catatan sipil.

      Setahu saya, tidak memerlukan ijasah, namun biaya banyak karena ada proses persidangan yang harus dilalui di kantor catatan sipil.

      Cobalah ke kantor catatan sipil untuk mengetahui semua persyaratan yang dibutuhkan…

      Semoga membantu…

  9. Elsa

    Saya pindah agama kristen bgaimana cara mengurus ktp supaya mnjd kristen , dan e ktp saya hilang tinggal foto copy saja apakah bisa ??

    • Penguruan perubahan agama pada KTP memerlukan bukti yaitu surat pernyataan/ surat baptis. Untuk menjelaskan bahwa anda pemeluk suatu agama dan anda juga harus membawa saksi berupa tokoh agama yang mengakui anda memang beribadah di suatu tempat ibadah.

      Berhubung anda mau menjadi kristen, maka anda memerlukan:
      – Surat pernyataan kehilangan KTP dari kepolisian.
      – Surat babptis / pengantar dari suatu gereja.
      – Saksi, ketika anda hendak mengurus surat pindah agama di kelurahan.

      Anda harus mengurus surat pengantar di RT, kemudian RW, lalu Kelurahan, kemudian di RW.

      Untuk lebih jelasnya anda bisa bertanya-tanya persyaratannya di kelurahan tempat anda tinggal.

      Semoga membantu..

  10. Mifstore Sisterhood

    Thanks gan..
    Tapi masalahku adalah,ktp dan akta berbeda tanggal lahirnya dengan kk. Jadi ahrus dibenerin semua,mana dulu yang harus dibenerin duluan? Soalnya saling keterkaitan. Mohon jawabannya. Terimakasih

    • Teman saya juga mengalami masalah yang mirip dengan anda.
      Dia lahir di akhir bulan januari namun baru mengurus di bulan februari dan akte lahirnya malah mengikuti tanggal pengurusan di bulan februari.
      Secara hukum semua mengikuti akte lahir. Kesalahan pembuatan akte lahir sebaiknya segera dilaporkan, namun jika tidak diubah, seiring waktu berjalan hal itu sangat sulit untuk diubah.

      Perbedaan tanggal lahir antara KTP , KK dan akte lahir, semua akan mengikuti Akte lahir.

      Perubahan kesalahan pada KK dan KTP bisa dilakukan bersamaan.

      Anda harus membawa KTP, KK, dan Akte lahir anda, dan mengurus surat pengantar di RT, kemudian RW, lanjut ke kelurahan, dan kemudian kecamatan.
      Untuk lengkapnya anda bisa bertanya persyaratannya di kantor kelurahan tempat anda tinggal.

      Semoga membantu..

  11. teti

    Kalau tidak ada ktp. Kk. Sama akte mcm mana? Soalnya saya lama di luar negeri cuma ada pasport saja..

    • Untuk lebih jelasnya, anda bisa mencoba melalui Duta Besar Indonesia tempat anda tinggal, untuk mempertanyakan berkas perpanjangan passport anda.
      Karena untuk memperpanjang passport membutuhkan copy dan asli dari akte lahir serta kartu keluarga copy dan asli.

      Semoga membantu

  12. linda

    Hi, maaf ya curhat sdkit. Saya keturunan tionghoa, saya kristen, namun karna mmah saya islam maka dibuatlah ktp dan kk keluarga itu islam
    Nah disini rumitnya.
    Saya bertemu dgn pria yg sedikit sama masalahnya.
    Dia sudah menikah dan cerai.tpi diapun tionghoa dan kristen.karna menikah sama islam terpaksa ktp dan kk islam
    Karna saya ktp islam dan dia juga ktp islam.kami sulit menikah,karna kami ingin ganti dulu ktp jadi kristen dan menikah secara kristen karna memang itu agama kami
    Saya domisili di kuningan jawa barat
    Mohom bantuan nya?karna mngkin anda tau.kebanyakan petugas disini islam dan fanatik jdi untuk pergi ke RT saja dipersulit
    Tolong ya..bisa kasih masukan ga

    • Maaf atas respon yang telat…

      Pertama yang anda harus lakukan bersama calon suami anda adalah mengubah data KK masing.
      Anda bisa membaca permasalahan yang ada disini untuk tips-tips menghadapi masalah. (Budayakan membaca)
      Anda juga harus mempersiapkan bukti bahwa anda beragama kristen, seperti surat baptis.
      Orang-Orang yang harus anda temuui:
      RT: meminta surat pengantar perubahan data KK
      RW: tanda tangan persetujuan surat pengantar
      Kelurahan: Pendataan perubahan data
      Kecamatan: Pengubahan perubahan data
      Berdasarkan peraturan pemerintah baru, ada beberapa perubahan KK yang harus dilakukan langsung di catatan sipil. Jadi RT-> RW-> Kelurahan-> Catatan Sipil -> Kecamatan.

      Prosedur Perubahan data, ada di kantor kelurahan. Anda bisa bertanya-tanya dikantor kelurahan bagaimana proses-proses merubah data KK.
      Semoga Membantu…

  13. nied

    selamat mlm pak..sy mau menanyakan..sy sbnrnya beragama islam tp menikah dgn cara ktisten spy mudah saat itu. Mslhnya skrg KK dan KTP sy tertulis agama kristen..yg mau sy tanyakn bs tidak KTP saja yg sy rubah agamanya menjadi islam tp tdk dgn
    KK. Krn suami sy tdk mengizinkan KK dirubah. Mohon solusi dan bantuan jwbnnya ya pak..trima kasih.

    • Maaf atas respon yang telat…
      Secara hukum perdata hal itu tidak bisa dilakukan.
      Apabila berkas KK anda Kristen, maka KTP akan mengikuti agama di KK, karena itu sudah prosedurnya.
      Sebaiknya anda mendiskusikan kembali bersama suami anda, untuk mengubah data tersebut.
      Semoga membantu…

  14. galaw berat

    Sy mau tanya…kalaw di kk sy sekarang ikut sama bpk tiri…dan sy mau numpang nikah,saat dikelurahan tmpat cwk sy katanya harus ad perubahan di kk, harus nama asli orang tua buka nama bpk tiri…tolong solusinya sy harus gimna????

    • Apa kabar?
      Sekarang status anda numpang tinggal di rumah bapak tiri anda, kalau pun anda masuk ke dalam KK bapak disana anda keterangan hubungan anda dengan kepala keluarga dan nama orang tua kandung anda.

      Anda sebaiknya mendatangi kantor kelurahan tempat anda tinggal, menayakan prosedur dan berkas yang harus anda siapkan untuk menambah membuat KK baru, karena anda sudah menikah.
      Semoga membantu

  15. eric

    hai mau tanya, saya dan pasangan saya menikah beda agama. kita menikah secara katolik (saya katolik dan pasangan saya muslim)dan pernikahan saya sah secara agama dan hukum karna kita ada surat nikah selain gereja untuk sipil juga. walaupun saya dan pasangn menikah scara katolik, pasangan saya tidak berpindah agama. saat ini yg jadi msalah saat saya mau mngurus kk, saat pembuatan kk saya mengurus ke kelurahan saya dan dari awal saya ceritakan kondisinya awalnya pihak kelurahan bilang bisa. tapi setelah kk selesai agama suami saya dibuat katolik padahal di ktp suami saya islam krna dari pihak kelurahan tidak ada solusinya saya langsung ke dinas pendudukan untuk merubahnya tapi jwban yg sya terima kalo surat nikah dari sipil ya brarti non muslim kalo dari kua baru islam.saya sudah jelaskan ke dinas pendudukan kalo suami saya tidak berpindah agama di ktp pun agamanya islam tapi tetap patokan nya mreka dari surat nikah bukan ktp. bisa bantu saya kasih solusi supaya di kk kami tertera agama kami masing2. thanks

    • Wah kasus yang rumit, lidah memang tidak bertulang, sebelumnya bilang bisa, berikutnya tidak.

      Itulah sebabnya, penting bagi kita yang mengurus surat-surat di pemerintahan untuk mengetahui nama dan jabatan orang yang menyatakan bahwa hal tersebut bisa, agar bisa dipertanggung jawabkan.

      Secara anda menikah secara Katolik, surat nikah anda juga diterbitkan oleh gereja katolik, maka pegawai di catatan sipil akan menganggap suami anda katolik secara dia menikah secara katolik. Mereka terkadang terlalu kaku akan aturan bahwa nikah harus sama agama. Sehingga menyulitkan orang-orang yg menikah beda agama.

      Secara suami anda mempertahankan agamanya dan jati diri pada KTP. Mungkin suami anda, mencoba mengurus surat pernyataan pindah agama, walaupun sebenarnya suami anda memang sudah islam.

      Persyaratan pindah agama, suami anda harus membawa 2 orang saksi, dan surat pengantar dari masjid tempat suami anda beribadah, bahwa suami anda memang umat yang beribadah di masjid tersebut.
      Persyaratan bisa di lihat di kantor kelurahan.

      Hal ini karena surat pernikahan maupun KK menyatakan suami anda katolik, maka anggaplah suami anda memang beragama katolik, dan beliau berubah keyakinan dan mau memeluk agama islam, maka beliau harus mengurus surat-surat yang mengakui bahwa beliau sekarang adalah seorang muslim. Surat ini adalah surat peryataan dari tempat beribadah, yang mengakui bahwa suami anda adalah umatnya.

      Surat ini menjadi pegangan jati diri agama yang dipeluk, dan digunakan untuk mengubah data pada KK dan KTP.

      Semoga membantu dan masalah terselesaikan…

      • lyna

        Gi mna jika kita mempunyai 2 kk. Di mna saudara saya beda dan sya pun beda padahal kita kan saudara sekandung..gini loh ceritanya jaza sd sampai sma sya tuh smua nama bapak sy sama sedangkan saudara sya nama bapak sy tu beda..pusing mau di bawa kemana mhon bantuanya..

      • Maaf atas respon yang lama..

        Kasus yang anda jelaskan kurang lengkap, agak susah untuk digambarkan kondisi sesungguhnya.
        Coba anda jelaskan lebih detail lagi. beserta nama inisial saja, agar dapat dicermati permasalahannya dengan lebih baik..

        Semoga membantu..

  16. Nama saya di akte, ktp dan kk Taufik Rakhman sedangkan di ijazah SD-SMA Taufik Rahman. Saya ingin memakai nama yang di ijazah. Jadi apa yang harus saya lakukan supaya nama di akte, ktp dan kk sama dengan nama di ijazah?

    • Dalam posisi surat-surat, Akte Lahir memiliki kekuatan lebih kuat dari KK maupun ijasah. Secara pembuatannya juga lebih dulu.

      Sehingga semua surat-surat akan terpacu pada akte lahir daripada surat-surat lainnya, misalnya passport.
      Nama pada passpport, tidak mengikuti nama di KTP maupun ijasah, namun mengunakan nama pada akte lahir.

      Untuk pengubahan nama akte lahir, anda akan mengurus surat pergantian nama di kantor catatan sipil, mengikuti sidangnya, dll.
      Setelah itu anda dapat mengunakan nama sesuai ijasah anda.

      Semoga membantu.

      • Tapi ada yg mengatakan kasus seperti saya itu cuma koreksi nama bukan mengubah nama atau menambah nama jadi cukup ke kantor Capil tidak perlu ke Pengadilan Negeri. Jadi yang mana yang benar?

      • Dari sepengetahuan saya, apabila Akte Lahir anda berbeda dengan KTP, dimana KTP dan KK salah karena tidak sesuai Akte Lahir. Maka akan dilakukan koreksi nama.

        Namun apabila sebaliknya, anda ingin mengubah nama di Akte Lahir, sesuai nama di KTP dan KK anda. Maka harus melakukan pergantian nama.

        Hal ini dikarenakan, ketika anda lahir, maka surat pertama yang anda miliki adalah Akte Lahir, kemudian pembuatan KTP dan KK akan mengikuti Akte Lahir sebagai bukti legal secara hukum. Sehingga kesalahan pada KTP dan KK yang tidak sesuai dengan Akte Lahir adalah koreksi.

        Untuk info lebih jelasnya anda bisa bertanya di kantor catatan sipil atau kelurahan.
        Semoga membantu..

      • Maaf atas respon yang lama…
        Kebetulan kemarin saya bertemu teman yang sedang mengubah nama ibunya.
        Ibunya hendak mengunakan nama sesuai dengan KTPnya.
        Prosesnya tetap melalui catatan sipil, nanti akan diarahkan untuk mengurus persidangan pergantian nama.
        Jadi perginya, langsung ke catatan sipil saja.

        Ada pun biayanya:
        Biaya Pendaftaran :Rp 30.000,-
        Biaya Administrasi:Rp 50.000,-
        Biaya Panggilan :Rp 75.000,-
        PNPB Panggilan :Rp 5.000,-
        Materi Putusan :Rp 6.000.-
        Redaksi Putusan :Rp 5.000,- +
        __________________________________
        Total biaya :Rp171.000,-

        Dimana termasuk biaya lain-lain, teman saya membayar hampir 300 ribu rupiah.

        Mungkin biaya setiap daerah berbeda, ini hanya menjadi gambaran biaya untuk anda.
        Semoga membantu…

  17. santi

    Ka ngurus KK yang salah selain di desa bisa dimana lg yah??
    Kata temen prosesnya cuma 1 hr tp kenyataan 1 bulan lebih belum jadi..

    • Maaf atas respon yang lama…
      Maksud anda masih kurang jelas..
      Saya coba jelaskan sedikit.

      Pengurusan Kartu Keluarga tidak semudah itu, 1 hari jadi? Wow indonesia udah hebat…
      Pengurusan surat-surat dikantor pemerintahan prosesnya 3-14 hari kerja tergantung surat yang diurus.
      Pengurusan Kartu Keluarga baru, harus melalui kepala RT, melapor kepada kepala RT untuk dibuatkan surat pengantar ke kelurahan, surat ini sebelum dibawa ke kelurahan harus ditanda tangani kepala RW.

      Di kantor kelurahan surat permohonan akan diproses, kurang lebih 7 hari kerja. Setelah itu akan dilanjutkan ke kecamatan. Setelah disetujui maka KK yang baru bisa diambil di kecamatan.

      Adapun permasalahan yang membuat KK tidak selesai, karena kurang lengkapnya data yang diserahkan, cobalah ke kantor kelurahan terlebih dahulu untuk bertanya, surat-surat apa saja yang dibutuhkan.

      Kalau berkas-berkas anda lengkap, pasti pengurusan tidak terlalu bermasalah.
      Semoga membantu..

  18. Hai ,, maaf mau tanya ..
    Kalo mau koreksi nama bagaimana ?
    Soalnya d akta , ktp , ijazah , semua nama “ELIS SUPIA” tapi d KK “EULIS SOPIA” hiks hiks T.T
    bagaimana cara pngurusan nya ? Dan berapa lama sampai KK bsa bres kira” ?

    • Maaf atas respon yang lama…

      Kasus anda sama dengan kasus-kasus yang sudah pernah ditanyakan oleh beberapa teman.
      Silahkan membaca pertanyaan-pertanyaan sebelumnya untuk menambah wawasan.
      Budayakanlah membaca sebelum bertanya..

      Akte lahir adalah surat terkuat bukti jati diri anda, kebanyakan mengunakan akte lahir sebagai dasar pembuatan dokumen misalnya passport.
      jika anda hendak mengubahnya silahkan ke RT meminta surat pengantar, lalu ke RW, kemudian kelurahan dan terakhir kecamatan. Proses kerja 3-7 hari.
      Semua penjelasan ada di dalam blog saya..

      Semoga membantu..

  19. Dian Iswantoro

    Saya asli Sragen Nama Saya di akte,ijazah,buku nikah adalah “Dian Iswantoro” Setelah nikah saya membuat KK di tempat Istri sy ( di Bogor). Setelah KK dan ktp jadi, nama sy menjedi “Dian Iswanto” kemudian sy mau merubahnya dan sampai ke kantor disduk sy tunjukkan buku nikah (karena saat itu sy cuma bawa buku nikah) saya yg namanya Dian Iswantoro. kata petugas yang harus dirubah buku nikah bukan kk & ktp karena data di disduk nama saya Dian Iswanto. Apa yg harus sy lakukan, apakah data di diisduk itu sudah tidak bisa di rubah, mengingat skrg sudah pakai e-ktp.

    Mohon bantuannya
    Thanks

    • Mohon maaf atas respon yang lama..

      Sebaiknya anda tidak mengikuti penjelasan dari dinas kependudukan.
      Akte lahir lahir dasar dari semua surat-surat, pembuatan Passport pun mengikuti akte lahir.

      Permasalahan anda ini, seharusnya bukan di urus di disduk, namun di urus di kecamatan.
      karena permasalahannya ada kesalahan dalam pencatatan di kelurahan dan kecamatan.

      Disini anda hanya perlu menemui kepala RT untuk meminta surat penngantar perubahan KTP dan KK karena tidak sesuai dengan akte lahir.
      JANGAN LUPA membawa akte lahir, KK, KTP anda, beserta fotokopinya 2-3 lembar.
      Surat pengantar anda bawa ke RW untuk di tanda tangani
      Kemudian diserahkan kelurahan untuk proses peubahan data di kelurahan.
      Setelah itu ke kecamatan, untuk mengurus perubahan KTP dan KK.
      Proses kerja 3-7 hari kerja.
      Semua, gak di pungut biaya.

      Semoga membantu..

  20. luvinda

    bolehkah mengurus perubahan nama KK langsung ke kecamatan ?,
    teman sy pernah perbaikan kk langsu ke kecamatannya kemudian di beri formulir dan langsung ke dinas pencatatan sipil

    • Yup..
      Ada beberapa kasus bisa melalui langsung di kecamatan..
      Pemerintah ada mengubah sedikit prosedur.
      Cobalah bertanya ke kelurahan atau kecamatan untuk kasus yang hendak anda selesaikan.
      Tanyakanlah persyaratan berkas-berkas, dari permasalahan yang hendak dibereskan.

      Semoga membantu..

  21. izin bertanya..keluarga saya pindah ketempat yang baru kk sudah di urus lengkap,,,hanya saja ktp saya masih ktp daerah lama..gmna cara mengurus perubahan domisili di ktp saya..

    • Anda tinggal menemui pak RT, meminta surat pengantar yang harus ditanda tangani oleh pak RW. Kemdudian di bawa ke kantor kelurahan lalu kecamatan untuk mengurus KTP baru.

      Semoga membantu

  22. vril

    sya mau tanya….sya dan suami menikah secara islam. sya beragama islam dan suami beragama kristen walaupun tatus agama sdh islam. sy hendak berpindah agama mengikuti suami. syaratnya kan hrus ada surat baptis. lalu bagaimana dengan surat nikah kami. apakah hrs d ubah jg?! ato hrus nikah ulang d gereja?! mohon bantuannya
    terima kasih….

    • Maaf atas respon yang telat..

      Untuk pindah agama kristen perlu surat baptis, sebagai bukti kalau kita sudah sah menjadi seorang kristiani.
      Surat ini yang akan dijadikan bukti dalam pengurusan perubahan data di Kelurahan.
      Jangan lupa mengunjungi Kepala RT lalu RW untuk meminta surat pengantar perubahan data Kartu Keluarga.

      Semoga membantu..

  23. wulan

    Mohon solusinya,saya punya masalah identitas pada nama orang tua saya yang dulunya kurang teliti ,nama bpk saya yg asli adalah irianto
    Tpi di identitas saya dri akte hingga sma adalah erianto,dan identitas pada adik saya eriyanto apakh saya harus mengganti nama orang tua saya dan identitas adik saya atau bagaimana??

    • Maaf atas respon yang telat..

      Saya kurang memahami surat-surat apa yang bermasalah, mungkin bisa dijelaskan untuk lebih detailnya..
      Saya mencoba membantu seadanya.
      Solusi pertama, bapak anda melakukan perubahan nama dikantor catatan sipil. Dari Irianto menjadi Erianto, sehingga semua surat akan sesuai, dengan nama bapak anda. Setiap pengurusan Surat-Surat, bapak anda harus melampirkan surat perubahan nama. Namun gak mungkin kan mau ganti nama?

      Solusi kedua, memperbaiki berkas-berkas yang bermasalah.
      Dengan melampirkan surat nikah bapak dan ibu serta akte lahir yang salah, dapat menunjukan adanya kesalahan dalam pembuatan akte lahir sehingga dapat melakukan proses perubahan akte lahir di kantor catatan sipil. Mintalah surat keterangan perubahan akte yang disahkan oleh catatan sipil.
      Untuk ijasah dan lain-lain tidak terlalu bermasalah. Dengan adanya surat keterangan dari kantor catatan sipil.

      Semoga membantu…

  24. h

    halo, bagaimana prosedur dengan kesalahan seperti anak tiri yang dicatat sebagai anak kandung? juga pergantian nama di akta (untuk anak yang belum bersekolah)? apakah prosesnya sama dengan yg agan cantum? dan kira-kira berapa biaya yang diperlukan untuk kedua masahal tsb?

    mohon bantuannya, terima kasih🙂

    • Maaf atas respon yang telat.
      Untuk kesalahan status anak tiri dan anak kandung, bisa anda tanyakan ke kantor kelurahan. apakah wewenang dikantor kelurahan atau dicatatan sipil.

      Apabila ada kesalahan nama pada akte lahir maka pengurusan harus dilakukan di kantor catatan sipil, ada baiknya ditanyakan di kantor kelurahan untuk prosedurnya.

      Biaya untuk perubahan data, sebenarnya tidak mahal, semua tergantung masalah yang ingin di urus, masalah-masalah biayanya beragam dr gratis (urus KTP) – 300rb (ganti nama). Saya tak bisa memastikan kalau setiap daerah memiliki biaya yang sama.

      Semoga membantu..

    • Maaf atas respon yang telat.
      Saya sudah balas di pertanyaan sebelumnya.. Namun saya copy-kan juga kesini.

      Untuk kesalahan status anak tiri dan anak kandung, bisa anda tanyakan ke kantor kelurahan. apakah wewenang dikantor kelurahan atau dicatatan sipil.

      Apabila ada kesalahan nama pada akte lahir maka pengurusan harus dilakukan di kantor catatan sipil, ada baiknya ditanyakan di kantor kelurahan untuk prosedurnya.

      Biaya untuk perubahan data, sebenarnya tidak mahal, semua tergantung masalah yang ingin di urus, masalah-masalah biayanya beragam dr gratis (urus KTP) – 300rb (ganti nama). Saya tak bisa memastikan kalau setiap daerah memiliki biaya yang sama.

      Semoga membantu..

  25. h

    halo, bagaimana dengan prosedur masalah seperti anak tiri yang dicatat sbg anak kandung? juga kesalahan nama di akta (untuk anak yg belum bersekolah)? apakah prosesnya sama dengan yg agan cantumkan? dan kira2 berapa biaya untuk ke-2 masalah tsb?

    mohon bantuannya, terima kasih🙂
    (maaf kalau pertanyaan saya double atau lebih, sebelumnya koneksi saya kurang lancar saat memposting komentar)

  26. bayu

    di kk.. saya masih pelajar.. sekarang saya bukan pelajar lagi. saya ingin menggantinya gumana saya ngomong pada petugas di kelurahan

    • Maaf atas respon yang telat..

      Status dalam KTP atau KK tidak terlalu menganggu, namun apabila anda hendak mengubahnya, maka anda bisa meminta surat pengantar perubahan data di kepala RT, dan ditanda tangani oleh pak RW.

      Dan membawa KK anda untuk melakukan perubahan data di kantor kelurahan..

      Semoga membantu..

  27. Ling2

    Hai. Saya mau tanya donk. Hari ini saya baru selesai mengurus ktp saya yg hilang(sudah e-ktp). Nah sebelumnya kan di KTP lama agamanya budha, tapi sekarang mau saya ubah ke kristen. Untuk dokumen e-ktp nya sudah lengkap(kk,copy ktp lama, surat pengantar, surat polisi). Nah untuk perubahatn data agama kan saya sudah melampirkan akta babtis. Datanya secara online sudah di ubah di e-ktp maupun kk. Tadi saya di buatin (di print) langsung KK updatenya. Itu disuruh untuk minta ttd kepala keluarga, rt dan lurah kan. Tapi ga di info harus bawa dokumen apa lagi gitu.
    Saya mau tanya, kalau KK yg lama(asli) harus tetap saya bawa kan ke kelurahan saat proses ttd Lurah di KK baru. Dan saya harus minta pengantar dari RT gak yah untuk perubahan agama ini dan ada dokumen yang harus saya bawa lagi gak? Mohon pencerahannya. Thanks

    • Maaf atas respon yang telat…

      Apabila anda mengurusnya sendiri, sebaiknya anda mengikuti saran saya.
      Bawalah semua berkas anda yang berhubungan dengan surat yang sedang anda urus, beserta copy surat tersebut minimal 3 buah.
      Berat kertas itu, tidak seberapa dengan waktu yang anda buang, apabila anda tidak membawa surat-surat tersebut.

      Birokrasi kita sangat bermasalah, anda hanya membuang-buang waktu apabila malas membawa berkas-berkas tersebut.

      Semoga membantu..

  28. Ferdinand Tobing

    Selamat malam mas Hersonkun,
    Pada saat pembuatan KTP Elektronik rame2 tahun 2012 ternyata pada surat panggilan pembuatan E-KTP tsb, nomor KK saya sudah berobah dan saya baru tahu setelah baru2 ini ada urusan ke RT/RW yang langsung menyarankan agar KK lama saya segera diganti dan beliau sekalian memberi surat pengantar ke Kelurahan. Yang mencengangkan, kata petugas kelurahan untuk mencetak KK tersebut perlu waktu 2 bulan jadi tunggu saja (lalu diberikan bukti terima berkas…), apa iya? Padahal sayakan bukan mau membuat KK Baru tapi mau mengambil KK yg mestinya sudah ada di Kelurahan/Kecamatan (dgn dasar surat panggilan pembuatan E-KTP 2012). Nah, dengan kasus seperti ini sebaiknya kita kemana ngurusnya mas Her? Mohon sarannya, tks.

    • Mohon maaf atas respon yang telat..

      Anda diberi bukti terima berkas, namun anda belum menerima berkas?
      Mungkin anda mendapatkan surat untuk mengambil berkas yang tertunda.

      Sebenarnya proses cetak KK sangat cepat, dan dilakukan oleh pihak kecamatan. Namun beberapa daerah mengalami perubahan, dimana beberapa kebijakan diambil ahli oleh pihak catatan sipil. Sehingga ada banyak permasalahan birokrasi yang terjadi.

      Sebaiknya anda mempertanyakan dengan jelas, kepada pihak kelurahan, kepastian Kartu Keluarga anda, dan dimana anda untuk mengambil.

      Semoga membantu..

  29. Tiyani

    Tiyani….26-10 2016
    Haii..maaf sblm nya saya mau tanya
    saya mau ganti nama di surat cerai saya apa bisa ,, ??? klw bisa… apa saja persyaratan nya yg hrs saya siap kn
    mohon di jawab
    terima kasih …

  30. Sartika Boon

    Hallo saya mau tanya neh!! Aq udah menikah th.2014 pakai ktp jakarta dengan agama budha, dan saya punya kk dan e.ktp bogor dengan agama islam nah pertanyaan nya.

    Bisa kah saya merubah status saya di kk menjadi menikah tapi agama saya tetap islam sedangkan surat nikah saya dari catatan sipil dan beragama budha.
    Karena suami saya adalah orang luar jadi nanti suami menjadi lain lain keluarga dan tetap dengan agama nya.

    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

    • Hello..

      Pernikahan anda dilakukan di jakarta dengan agama Buddha, dan KTP jakarta beragama Buddha?
      Kalaupun anda beragama lain, pelaksanaan pernikahan tetap bisa dilakukan, hanya direstui secara keagamaan Buddha. Buktinya anda sekarang sudah menikah kan?
      Karena di agama Katolik maupun Kristen pun, anda bisa menikah walau beda agama.

      Sekarang kita ke masalah KK, ketika anda mengurus perubahan KK.
      Ada kemungkinan data anda berubah, karena pelaksana perubahan KK adalah manusia. Dan masing-masing memiliki tafsiran berbeda-beda.
      Kembali ke kebijakan dari pengurus perubahan data anda. Apakah boleh data anda sesuai KTP atau disesuaikan dengan akta pernikahan.
      Setiap daerah memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

      Keputusan ada dipihak kelurahan dan kecamatan. Anda bisa bertanya lebih jelas disana.
      Semoga membantu..

  31. maruli

    Selamat malam pak

  32. ida atika

    Slmat mlm…saya mau tanya ..di akte cerai saya di tulis bahwa umur saya lebih tua 2 tahun di banding aslinya. .yang jadi pertanyaan apakah nanti nya akan jadi masalah jika saya akan menikah lagi..padahal di surat nikah ktp kk akte semua tgl dan tahun sama tapi setelah jadi akte cerainya di situ di tulis umur sya koq beda sama aslinya . Sya tanya pengacara saya katanya dulu waktu nikah di KUA memang umurnya di tua kan 2 thun…apakah itu memang benar ya memang waktu nikah sya msih 16 thn belum punya KTP. .tp apakah klu sya mnikah lagi nanti akan jdi masalah karena salah di surat cerai dan di identitas sya tidak sama..terimakasih

    • Selamat Malam..

      Saya tidak dapat memastikan apakah kedepan akan bermasalah atau tidak.

      Kemungkinan besar tidak bermasalah.
      Bisa kita bandingkan dengan kasus KTP dan SIM. Beberapa orang mengelapkan pembuatan KTP agar anaknya mendapatkan SIM, mereka menambah usia anaknya 2-3 tahun.
      Akibatnya, kedepan surat-surat ini terjadi masalah.
      Namun kedepan mereka melakukan perubahan data KTP maupun SIM mengikuti, Akta Lahir.
      Bagaimanapun Akta Lahir adalah identitas diri yang paling kuat.

      Jadi apabila anda menikah kembali, walaupun di surat cerai anda berusia berbeda. Pendataan tetap mengunakan akta lahir sebagai pegangan.

      PENTING* Contoh Kasus tersebut, sangat tidak baik ditiru, karena pemberian SIM pada anak yang belum cukup umur, sangat beresiko. Apabila anak belum dapat mengendalikan emosi dengan baik. Mereka akan membahayakan nyawa orang lain dan nyawanya sendiri di jalanan.

      Semoga membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s