Hidup sehat, kenalilah warna urine anda!

Hmm kali ini saya akan sedikit membahas tentang kesehatan. Walau pun saya bukan ahli kesehatan atau pun orang yang bergerak di bidang kesehatan, namun saya mencoba sharing apa yang saya ketahui tentang kesehatan. Kalau bicara masalah kesehatan keliahatannya luas banget dan kalau kita bahas, mungkin 1001 malam pun kagak selesai dan masih harus lanjut ke season 1001 malam berikutnya.

Berhubung kesehatan sangat luas banget, saya fokus aja ke masalah urine. Sebenarnya saya hanya ingin menceritakan pengalamanku dalam merawat tubuhku yang rapuh ini. Berhubung saya salah satu orang yang sering bermasalah dengan hal ini, emanknya apa yang terjadi pada diriku?😄

Ok flashback tentang diriku dulu, saya termasuk orang yang rajin terkena penyakit yang namanya sariawan. Semua berasal dari ketidakdisiplinan diriku dalam mengkonsumsi air, sehingga saya sering mendapatkan penyakit ini. Jadi saya sering mengunakan urine sebagai ukuran jumlah air putih yang saya minum, kalau minuman bersoda, sirup dan sejenisnya? Hal itu malah membuat anda susah mengetahui kebutuhan air putih anda karena minuman bersoda dan sejenisnya membuat urine anda berwarna kuning. Ingat hidup sehat dengan air putih.

Lalu bagaimana kita mengenalinya? Berikut penjelasannya..

  1. Warna Urine Kuning Pekat, artinya tubuh kekurangan cairan tubuh atau karena efek samping obat, untuk itu disarankan butuh banyak minum. Agar kondisi tubuh dan kerja organ yang lain tidak terganggu. Bayangkan saja jika tubuh kekurangan air dan darah menjadi mengental sehingga jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah yang kental, ginjal pun sulit nyaring darah yang kental. Makanya dibutuhkan banyak minum air dalam kondisi demikian, dan ingat air putih/ air mineral bukan minuman bersoda dan sejenisnya
  2. Warna Urine Kuning Muda, artinya tubuh juga masih kekurangan cairan tubuh, untuk itu disarankan banyak minum. Mau tau kenapa? Kembali kepenjelasan diatas “Agar kondisi tubuh dan bla bla bla” :p
  3. Warna Urine Kuning Bening, artinya tubuh cukup dalam kebutuhan cairannya. Pertahankan kondisi ini, minumlah air secukupnya, gak perlu sampai perut kembung.
  4. Warna Urine Bening, artinya tubuh sudah lebih dari cukup cairan didalamnya. Kondisi cukup sehat, minumlah seperlunya.

Selain itu ada pun warna urine yang perlu kita waspadai seperti

  1. Warna Merah Muda atau Merah,  artinya terdapat darah pada urine dari ginjal atau infeksi kandung kemih. Hal ini juga dapat disebabkan oleh efek samping beberapa obat pencahar atau karena memakan makanan yang berwarna merah secara berlebih seperti bit, berry atau pewarna makanan. Apabila anda mengalaminya sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, namun jika anda mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, maka segera konsultasi ke dokter.
  2. Warna Coklat gelap seperti teh, artinya gangguan organ hati (ingat “organ hati”, kita bukan membicarakan masalah putus cinta). Segera konsultasi ke dokter.
  3. Warna Berawan Atau Keruh, artinya terdapat infeksi pada saluran kemih atau penyakit batu ginjal. Biasanya hal ini disertai dengan rasa sakit yang lain seperti sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, maka sarannya juga sama “segera konsultasi ke dokter” karena mereka lah yang pakar dibidang ini.

Ingat minumlah air secukupnya seperti yang sering disarankan 2 liter air sehari. Karena air dapat menetralkan racun, zat-zat yang tidak baik untuk tubuh, memperlancar darah dan sebagainya. Namun jangan minum secara berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit pula. Saya pernah bertemu orang yang gemuk bukan karena lemak namun karena kelebihan cariran, jadi lenturnya aneh gitu kayak pake balon air dibadan. So, hidup sehat bisa dimulai dari sekarang kan? Mudah dan simple.

Sedikit catatan tentang air putih, saya pernah mendergarkan seorang motivator bercerita tentang air putih. Di Indonesia banyak kata yang lucu atau entah bisa dibilang salah dalam menggunakan, misalnya direstoran banyak yang menulis “air putih” pada menu minumannya. Sekarang kalau kita liat Whiteboard (papan tulis putih), kalau kita ditanya warnanya apa? Kita akan menjawab itu “Putih”. Bagaimana kalau dengan kaca? Kalau ditanya? Kita pasti menjawab itu “bening”. Lalu kalau air untuk minum, kenapa kita menyebutnya putih? Warnanya tidak putih sepertiwhiteboard kan? Bagaimana kalau anda dikasih air berwarna benar-benar putih? Anda pasti akan berpikir, anda diberi susu!😄

Keliatannya Topic ini menarik untuk dibuatkan topic tersendiri, saya akan rangkumkan untuk anda..

Leave a comment

Filed under Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s