My traveling at Malaysia

Pertama-tama saya panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha Esa, yang telah memberikan saya kesempatan untuk mengunjungi negara lain, selain tanah kelahiran saya di Indonesia :p

Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke malaysia, disini saya akan membagikan tips-tips dari pengalaman saya ketika berada di malaysia, semoga bermanfaat.

Taxi
Taxi merupakan transportasi terpenting yang digunakan dalam berwisata. Walau mahal tapi sangat efektif dalam menuju suatu tempat yang belum kita ketahui.

Di malaysia, ada 2 macam taksi. Taksi berwarna merah dan berwarna biru.
Taksi berwarna merah merupakan taksi umum, dengan harga yang cukup bersahabat. Walau tidak semua taksi ini masih baru, namun harganya sangat membantu perjalanan anda.

Berdasarkan jarak, tarif dasar taksi ini RM3, untuk 1Km pertama, dan setiap 115 meter akan bertambah, RM0.1
Kalau berdasarkan masa atau waktu RM3 untuk 3 menit pertama, dan setiap 21 detik akan bertambah RM0.1
Untuk perjalanan menuju airport, anda akan dikenakan biaya meter, RM12 untuk biaya ke bandara, dan biaya tol yang anda masih harus tanggung sendiri.
Perjalanan pada pukul 12am-6am, anda akan dikenakan biaya tambahan 50% dari dari meter. (Oktober 2013)

Selain tarif standart tersebut, ketika anda akan melakukan perjalanan di jam-jam macet seperti jam 5pm-6pm, maka anda akan sering menemukan taksi yang membuka harga. Walau macetnya tidak separah di jakarta, namun ini sangat merugikan mereka jika terjebak macet, selain tidak mendapat penumpang, masih harus menderita sakit lutut.

Untuk pembayaran taksi, saya sarankan anda membayar dengan uang pas, karena sangat jarang sekali anda menemukan taksi yang mau memberi anda uang kembalian. Mereka biasanya pura-pura lupa bahkan ada yang memberi berbagai alasan macet, dan lain-lain.

Untuk taksi berwarna biru, ini taksi exclusive. Saya belum menemukan mobil yang sudah tua, semua masih terawat dengan baik bahkan masih terkesan baru. Untuk tarif dasarnya dimulai dari RM5. Untuk penambahan tiap meternya akan saya update kembali jika saya menaiki taksi ini kembali :p

Leave a comment

Filed under Traveling

Leave a Reply

